Monday 25 April 2016

Goa Macan dan Goa Lawa (Grobogan) Jawa Tengah

-          Goa macan dan Goa lawa, goa yang berada di desa sedayu kecamatan grobogan kabupaten grobogan ,jawa tengah.
Dua gua yang berada di satu lokasi yang sama. Lokasi yang masih dikawasan Jati pohon ini bisa dijadikan tempat berlibur bersama pacar, teman atau keluarga karena lokasi yang mudah ditempuh melalui kendaraan pribadi motor maupun mobil,
Untuk menuju ke lokasi bila dari arah selatan semarang/solo ambil jalur purwodadi – pati. Setelah sampai di Kecamatan Grobokan desa sedayu anda akan melihat Gapura papan nama yang jelas akan terlihat di sisi kanan jalan,
setelah masuk dari gapura masih akan menempuh jarak sekitar 2 km untuk sampai ke lokasi. Disana anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 2000 rupiah.

Lokasi goa sebenarnya dulu sempat di kelola dengan baik dengan adanya sarana bermain anak anak dan keluarga namun sekarang kondisinya tidak terawat dan terkesan dibiarkan. Namun jika kita masuk kedalam goa anda akan disuguhkan khas gua dengan susunan stalagmit dan stalagtit yang indah.


-     Gua Lawa

Ini gua pertama yang kalian akan lihat setelah anda masuk dari loket tiket sekitar 20 meter. Gua yang sangat besar ini tidak tercermin dari mulut gua yang kecil tapi ketika anda masuk kedalam gua anda akan terpesona dengan keindahan goa ini yang sangat luas. Jalan kedalam goa sudah dibuatkan tangga jalan naik dan turun jadi aman mengajak anak-anak masuk kedalam goa, tapi harap hati-hati karena jalan sangat licin dari air yang berasal dari tetesan air stalagtit dari atas goa. Goa ini belum diketahui panjang dan kedalaman goa karena untuk terus kedalam goa sangat gelap. Ketika sudah tidak ada jalan yang dibuat pengelola jangan anda mencoba masuk lagi kedalam karena jalan berlumpur dan banyak hewan pacet (sejenis lintah) bahkan pengelola pun enggan masuk karena beresiko digigit hewan pacet ini.
Ini lah penampakan didalam goa lawa,





sangat indah kan!!!!!!!

 Gua Macan
Entah mengapa gua ini dinamakan gua macan, mungkin dulunya dijadikan sarang macan kali ya!!! Hehe....
Gua yang tidak jauh dari gua lawa ini berjarak sekitar 20 meter ini sangat berbeda dengan gua lawa. Gua yang tidak terlalu besar dan panjang ini hanya sekitar 15-20 meter untuk sampai diujung gua. Gua ini juga tidak kalah indah dengan gua lawa dengan susunan stalagmit dan stalagtit yang indah. Namun gua ini lebih licin dibandingkan gua macan karena jalan yang dibuat pengelola ditutupi lumpur yang lumayan tebal dan ditambah lagi air yang menetes dari stalagtit gua semakin menambah licin jalan gua.
Ini lah penampakan didalam goa macan,



gak kalah indah kan dengan goa lawa!!!!!

ini video penampakan goa lawa

Disarankan untuk membawa senter lampu ya karena didalam gua lumayan gelap,
Jika waktu anda cukup jangan lupa berkunjung ke air terjunGulingan karena ada jalur alternative menuju air terjun melalui jalan yang sama dengan jalan ke goa.
terimakasih sudah membaca tulisan ini dan semoga bisa menjadi tempat refrensi berlibur anda bersama keluarga, teman dan pacar anda… 



No comments:

Post a Comment